ADS

Inilah Fenomena Mistis Paling Mengerikan di Pulau Jawa : Pulung Gantung!

Selama ini, belum banyak yang mengetahui bahwa Indonesia memiliki berbagai tempat yang dicap sebagai tempat yang mengerikan. Di Jepang, ada sebuah tempat bernama Aokigahara Jepang. Tempat ini menjadi primadona bagi orang-orang yang ingin melakukan jalan pintas menuju kematian : bunuh diri. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa di Indonesia ternyata ada tempat yang serupa dengan berbagai fakta menyeramkan yang terus diceritakan terus menerus sepanjang masa.



Tempat ini berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Mungkin banyak yang terkejut dengan fakta bahwa di wilayah ini angka kematian akibat bunuh diri merupakan angka yang tertinggi. Hingga saat ini, belum ada satu pun fakta yang mampu mengungkap kenapa banyak orang memilih tempat ini sebagai tempat untuk bunuh diri. Namun, dipercaya, hal ini dilatari adanya cerita mistis kenapa tempat ini dijadikan tempat favorit untuk bunuh diri.
Fenomena ini disebut masyarakat sekitar sebagai Pulung Gantung. Fenomena ini muncul berupa cahaya misterius berwarna merah di atas langit lalu jatuh ke sebuah rumah. Orang yang mempercayai mitos ini mengatakan bahwa cahaya ini merupakan panggilan bagi orang yang tinggal di rumah tersebut untuk melakukan bunuh diri.  

Fenomena ini dipercaya atau tidak terus menjadi folklore di tengah masyarakat. Fakta yang mengejutkan bahwa setelah muncul cahaya merah ini, tak lama ada peristiwa bunuh diri di wilayah ini.
Walau begitu, peneliti dari UGM menolak adanya hal tersebut. Peneliti meyakini bahwa pendar cahaya itu datang dari zat fosfor yang banyak terdapat di kawasan Gunung Kidul. Hal serupa juga diamini oleh tetua adat setempat. Mereka menyatakan bahwa cahaya tersebut merupakan simbol pertanda akan terjadi sesuatu yang penting di tengah mereka.


Bagi orang awam, fenomena Pulung Gantung tetaplah menjadi mitos dan cerita yang terus berkembang hingga akhir hayat mereka. Masihkah Anda mempercayainya?
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top